Kamis, 17 Desember 2015

Nasi Bakar Ayam

Nasi bakar, menu yang satu ini kedengeran unik ya?? nasi kok dibakar? Biasanya kan digoreng?...naaah di situlah justeru uniknya.  Nasi bakar adalah nasi gurih (seperti nasi uduk) ditambahkan dengan aneka tumisan sesuai selera, bisa ayam, ikan, jamur, udang dan lain sebagainya, lalu dibungkus menyerupai lontong besar, kemudian dibakar. Naah proses pembakaran ini akan semakin menambah citarasa tersendiri,  karena aroma daun pisang pembungkus yang dibakar.  

......sudah lama saya pengen membuat makanan berat yang satu ini, but belom kesampeannn juga...untuk sarapan, seringnya bikin nasi uduk or nasi kuning request nya kk Awa dan mas Azka.

Pas kebetulan weken kemaren kepikiran mau bikin nasi bakar ah buat menu sarapan. Tadinya mau bikin nasi bakar ayam teri a la bu Fatmah Bahalwan yang kubaca review di beberapa blog rasanya endesss!!!, apa daya ternyata di kulkas nda ada stok teri medan, selain itu resep nasi bakar a la bu fatmah itu rasanya pedesss. Trus gimana drngan mas Azka....kasihan nanti dia lihat kita asik makan nasi bakar ia manyuuun, heee...Finally resep bu Fatmah ku modifikasi, kaldu nya saya skip, trus untuk irisan cabe nda saya tumis, tapi saya campurkan di nasi buat abiy, kak Awa, dan bunda yang suka dan bisa makan pedes. Selain itu juga saya tambahkan tomat dan kemangi. Yummy wes pokoknya...

Nasi Bakar Ayam
By Titi KliKue

Bahan Nasi:
1. 500 gr beras
2. 50 gr beras ketan (rendam 2 jam sebelumnya)
3. 600 ml santan dari 1/2 butir kelapa
4. 50 gr bawang merah
5. 1 sdt garam
6. 3 lembar daun salam
7. 2 batang sereh
8. 4 sdm minyak goreng untuk menumis
9. Daun pisang secukupnya untuk membungkus

Tumisan:
1. 1 buah dada ayam, potong dadu
2. 3 bh bawang putih
3. 3 bh bawang merah
4. 1 btg daun bawang, iris kasar
5. 5 batang daun kemangi
  (Beli di paklek sayur 2ribu perak)
6. 1 buah tomat matang cincang halus
7. 1  sdt garam
8. 1 sdt gula pasir
9. 100 ml air
10. 5 sdm minyak goreng untuk menumis
11. 10 butir cabe rawit / sesuai selera

Cara Membuat

I. Tumisan: 
panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang merah hingga layu, masukkan tomat cincang dan daging ayam, aduk rata biarkan daging matang dan berubah warna, tuangi air, masak hingga air meresap dan agak kering, masukkan daun kemangi dan daun bawang serta garam dan gula, aduk rata sebentar. Lakukan tes rasa. Angkat.

II. Nasi 
Panaskan minyak, tumis bawang merah hingga harum, tuangi santan, daun salam, sereh, dan garam, masak hingga mendidih, masukkan beras ketan dan beras. Aduk rata, biarkan hingga santan terserap habis dan nasi menjadi aron. Kukus selama 20 menit hingga matang. Angkat.

Penyelesaian:
1. Untuk nasi bakar yang TIDAK PEDAS, ambil selembar daun pisang, beri nasi matang, dan tengah diberi tumisan kurang lebih 2 sdm, bungkus seperti lontong besar, semat dengan lidi kedua ujungnya. 
Untuk nasi bakar yang PEDAS: siapkan nasi tambahkan dengan beberapa cabe rawit, aduk rata. Ambil selembar daun pisang, tata nasi yang sudah bercampur cabe rawit utuh, beri 2 sdm tumisan, bungkus seperti lontong lalu semat kefua ujungnya dengan lidi.

2. Bakar diatas wajan atau panggangan panas, hingga harum. Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar