Sabtu, 26 Desember 2015

Nasi Kuning

Naskun begitu sebagian besar orang Balikpapan menyebut kuliner nasi kuning. Makanan ini merupakan menu sarapan favorit di Balikpapan selain lontong sayur. Begitu banyaknya penggemar nasi kuning ini, tak heran jika pedagang naskun banyaaak sekali di temukan di berbagai sudut kota Balikpapan.

Pertama kali saya pindah akhir tahun 2008 ke kota minyak ini saya tinggal di daerah Gunung Sari. Persis sebelah tempat saya tinggal ada penjual naskun. Aneeh, itulah kesan pertama kali saat saya mencicipi menu ini untuk sarapan pagi...karena daerah asal saya di Jawa, lazimnya menu sarapan pagi ya..bubur.... Nasi kuning saat zaman kecil saya, ada saat moment tertentu biasanya saat perayaan ulang tahun dan sejenisnya.
Lama kelamaan saya dan kak Awa (mas Azka belum lahir, heee) jadi terbiasa menjadikan naskun sebagai menu sarapan pagi, apalagi kalo pas males masak. Kok suami ndak?...karena memang suami saya nda biasa makan saat sarapan pagi ...just a cup of milk for breakfast.

Cara penyajian nasi kuning di Balikpapan berbeda dengan nasi kuning yang saya ketahui sebelumnya. Nasi kuning yang saya tahu biasanya disajikan dengan irisan tipis telur dadar, abon, ketimundan kemangi, lauk (telur/ ayam/ daging masak kecap or goreng). Tetapi...nasi kuning di Balikpapan berbedaaa....nasi kuning disajikan bersama mie goreng dan orek tempe sebagai pendamping menu wajib, untuk lauknya bisa memilih apakah telur, ayam atau daging. Lauk ini bisa dimasak kecap or bumbu bali, sebagian besar penjual, bumbu bali lah yang dipake, berwarna merah pekat, tetapi rasanya ndak pedas karena merahnya dari pemakaian cabe kering.

Karena anak dan suami ndak begitu suka bumbu bali, maka saya sering menyajikan nasi kuning dengan lauk pendamping ayam goreng. Mie gorengnya pun saya lengkapi dengan sayur mayur, karena yang dijual sebagian besar hanya mie telor yang dimasak merah juga!!...wes semua serba merah penampakannya kalo anda membeli naskun di Balikpapan.

Bahan 
500 gr  beras yang berkualitas baik
3 cm kunyit (bakar, kupas kulitnya lalu diparut halus) --- tambahkan dengan 1 sdt air jeruk nipis dan 5 sdm air, lalu saring.
600 ml air santan
3 lembar daun salam, dicuci bersih
2 lembar daun jeruk, cuci bersih
1 batang serai, memarkan
1 sdt garam

Bahan pelengkap :
Tempe orek
Ayam goreng
Mie goreng

Cara Membuat Nasi Kuning Komplit :
1. Cuci beras dengan air sampai bersih dan air cucian bening, tiriskan
2. Kukus beras yang sudah dicuci bersih sampai setengah matang
3. Rebus santan sambil terus diaduk di atas api sedang sampai mendidih. Tambahkan air kunyit, garam, daun salam, daun jeruk, dan batang serai. Masukan beras setengah matang
4. Aduk beras dengan spatula sampai bumbu tercampur rata dan santan meresap dengan beras
5. Kukus kembali beras yang sudah dibumbui sampai matang dan empuk kira-kira selama 20 menit
6. Angkat dan sajikan nasi kuning dengan semua bahan pelengkap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar