Rabu, 28 Desember 2016

Step by Step Membuat Salome

Bismillah....salome lagi, jajanan khas Balikpapan yang mirip penthol bakso. Kalau penthol bakso lebih banyak dagingnya sementara kalo salome banyakan tepungnya, heeee😆😊...Salome disajikan bersama sambal kacang, kecap, plus saus tomat/cabe trus ditempatkan di plastik dan diikat, kalo mau makan gigit aja ujung plastiknya.....yummyýyy, (saya nda sempat mendokumentasikan yg dibungkus plastiknya😊). Tua, muda, anak, bahkan kakek nenek biasa loo menyantap jajanan salome ini ... belom afdhol tinggal di Balikpapan kalo belum menyantap jajanan khas yang satu ini. Jika penasaran.... silahkan anda ke lapangan merdeka Balikpapan waktu wekend or hari libur...dahhh dalam jarak 5 meter sudah ada penjual salome, daann hampir semuanya ramee dikerubuti pembeli. Alhamdulillah.....tiap penjual sudah ada rizqi nya masing masing.

Salome ... saya mbuatnya demi 2 jagoan saya yang lagi sukaaaak dengan cheese salome AW nya pak Wawan. Sedikit cerita...salome AW (Abah Wawan) dengan tagline nya #salome sehat non msg ini memang sudah terkenal seantero Balikpapan....monggo cobain Salome AW nya yaa...dijamin ketagihan, heee...seperti 2 jagoanku😊😆. As usual.....kak Awa dan mas Azka ni suka nantangin bundanya kalo ada makanan yg mereka suka. Biar nda ribet keluar rumah kalo pas pengen, mereka berdua akan mengajukan pertanyaan "standart"..."bunda bisa bikin??..." begitu tanya mereka suatu sore sepulang tahfidz dari masjid Ar Rahmah setelah beli salome keju varian baru Salome nya pak Wawan....saya pun langsung jawab..."insyaa Allah bisa nak...kan bunda juga pernah bikin...nanti lah kalo pas ada bahan-bahanya trus dik Nizam nda rewel bunda bikinkan.." gitu jawab saya.

     Salome dengan isian keju cheddar di dalamnya... Yummmyyyy.....😊😆

Daaan...alhamdulillah, hari rabu kesampean juga saya mbikin Salome. Proses pembuatannya saya libatkan mas Azka, coz sekaligus buat pelengkap project liburannya mbikin Big Book -cooking class critanya😆😊-

Untuk resepnya saya sudah pernah share di link ini...http://klikue.blogspot.co.id/2011/09/salome.html?m=1 

But...kali ini saya modif lagi cara mbikinnya, seperti kalo saya bikin penthol/ biji tekwan...hasilnya???? Ternyata lebih kenyalll, rasa daging dan tepungnya seimbang...alhamdulillah sesuai request my sons, karena kata mereka kalo kerasa dagingnya itu mah bakso, bun.....heee 😊😆. Saya bikin 3 varian sesuai request : original, tofu, dan cheese salome.enaakss looo....hayuuk coba bikin ya, berikut saya tuliskan step by stepnya😊

Bahan pelengkapnya : sambal kacang, kecap, dan saus cabe.
Salome
By Titi Klikue

Bahan pembuat adonan salome;
- 200 gram daging ayam cincang halus
- 200 gram daging sapi
- 2 butir telur
- 11 cubes es batu
- 100 ml air es
- 2 sdm bawang putih goreng
- 2 sdm bawang merah goreng

*kalau mau lebih gurih lagi tambahkan kaldu non msg di tahap ini dan atau bawang putih yang diuleg halus (saya pakai 1 bonggol bawang putih halus plus 1.5 sdt kaldu non msg)
-mas Azka ajaa yg blender, bunda....-😀

Masukan : bawang putih, bawang merah goreng, es batu, dan telur...blender hingga halus -- tambshkan ; daging ayam, daging sapi dan air es -- blender hingga halus

Keluarkan adonan daging yang sudah halus, tambahkan 1.5 sdm garam, 2 sdt merica bubuk, dan 400 gram tepung tapioka -- aduk hingga tercampur rata ya..
* lakukan test rasa....kalo merasa geli karena adonan masih mentah so bikin satu bulatan rebus sampe matang, naa baru diiciip ....😆

Step by step membuat salome keju....
*ukuran keju sesuai selera ya...
Pake keju cheddar potong kotak2 kecil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar