Rabu, 26 April 2017

Puree Hati Ayam

Bismillah - Rabu, 26 April 2017 
6th day afternoon - Puree Hati Ayam

Hati ayam, jenis bahan pangan yang kontroversi untuk diberikan sebagai MPASI. Setelah browsing sana sini dan membaca berbagai ulasan di dalamnya, akhirnya aku putuskan untuk tetap menjadikan hati sebagai salah satu menu tunggal baby Nizam.

Hati ayam mengandung banyak zat besi yang sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Di samping itu, hati ayam memiliki bermacam kebaikan bagi tubuh, seperti: vitamin A, B12, C, asam folat, fosfor, dan besi. Hati ayam juga dipercaya mempunyai peran penting dalam perkembangan fungsi otak bayi.
https://www.google.co.id/amp/ibudanmama.com/pola-asuh/0-12-bulan/amankah-hati-ayam-sebagai-mpasi-untuk-bayi/amp/

Namun....mengkonsumsi hati terlalu banyak bisa berbahaya, karena fungsi organ hati adalah sebagai penyaring racun dalam tubuh pada sistem pencernaan. Tidak heran jika hati merupakan bagian tubuh yang rentan tercemar zat kimia, racun atau bahkan pestisida. Inilah kenapa sebagai ibu harus berhati-hati saat ingin mengonsumsi hati ayam sebagai makanan pendamping ASI bagi bayinya. Ibu juga harus memasak hati ayam hingga matang supaya jika ada virus toksoplasma, maka virus tersebut bisa mati.
http://hamil.co.id/bayi/makanan-bayi/manfaat-hati-ayam-untuk-bayi

Jadiii...menurutku, apapun itu jika berlebihan pastiii tidak baik, itulah mengapa islam mengenalkan konsep tawazun (walahh....kok jadi jauuh pembicaraannya, heeee)

Oya, untuk hati sebaiknya pilih hati ayam kampung yaa... karena kalau ayam negeri kita tahu jugaa banyak disuntik hormon ini dan ituu, syereeeem...
Ini tekstur yang semi kental....kupikir tadinya Nizam ga bakalan suka....ternyata mau mauu ajaa dia, lahap alhamdulillah😊

Ini teksturnya terlalu kental untuk menu "perkenalan"...sudah sempat masuk ke mulut Nizam, nda protes *gimana mau protesnya yak...secara masih baby😆😅
Setelah masuk sekitar 2-3 suap lalu ku encerkan lagi.

Puree Hati Ayam

Bahan
2 pasang hati ayam (kampung)
bumbu aromatik

Cara Membuat :
- Siapkan ayam, cuci bersih
 - Siapkan pinggan/ mangkuk tahan panas, letakkan bumbu aromatik di dalamnya (daun salam, daun jeruk, sereh diiris-iris, 1 butir bawang putih keprek, dan 2 butir bawang merah potong-potong)
- Kukus hati ayam selama kurang lebih 20 menit, sampai matang.


- Angkat hati ayam berikut kuah yang dihasilkan dari hasil pengukusan.
- Haluskan hati ayam kukus + airnya menggunakan chopper atau hand blender
- Beri 2sdt evoo (lemak tambahan) 
- Atur tekstur daging menjadi semi kental dengan menambahkan ASI Perah atau air matang.
(semi kental --> jika sendok dimiringkan, makanan akan jatuh perlahan bukan mengucur)
- Sajikan selagi hangat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...