Rabu, 10 Mei 2017

Tentang Air Kaldu ... komponen penting MPASI

Bismillah....
Alhamdulillah, 14 hari menu tunggal MPASI my 3rd son Nizam is over.... Hari ke-15 dan seterusnya lanjut ke MPASI menu 4 bintang. Naaa...ketika membuat menu 4 bintang ini sudah mulai mencampur 4 jenis makanan yaitu ; karbohidrat, sumber hewani, kacang kacangan, sayur mayur dan buah buahan, di mana dalam proses memasaknya dibutuhkan cairan/ air. Air berfungsi untuk proses mematangkan bahan 4 bintang tersebut, selain itu juga bisa sebagai penambah cita rasa makanan ketikaaa...kita bukan memakai air biasa tetapi air kaldu. Air kaldu baru kuperkenalkan ke baby Nizam baru di menu 4 bintang, walaupun sebagian besar momS sudah memperkenalkannya saat menu tunggal. Kupikir,biar Nizam merasakan sari pati makanan tertentu tanpa *campuran rasa yang lain.

Menurutku kaldu itu penting sekali, karena bayi dibawah satu tahun belum diperkenankan menggunakan gula dan garam sebagai "penyedap rasa" karena pencernaan mereka yang belum kuat...di sinilah kaldu berperan menggantikan posisi dua bahan tersebut. Berdasarkan situs Parenting.co.id ternyata anak bisa hidup normal tanpa garam dan gula tambahan (sebab makanan sudah mengandung garam dan gula). Berbagai penelitian membuktikan, asupan garam terkait dengan risiko tinggi terkena hipertensi, kegemukan, dan penyakit jantung di usia lebih muda. Gula juga terkait risiko mengalami diabetes dan kegemukan. Jadi, menu makanan yang sehat (seimbang) adalah menu dengan sesedikit mungkin garam dan gula. Hal ini berlaku untuk semua umur, bukan anak saja. Karena kebiasaan makan sehat merupakan modal dasar untuk terbentuknya pola makan sehat di kemudian hari.

Sebenarnya apa siih definisi kaldu??
Kaldu adalah sari dari tulang, daging atau sayuran yang direbus untuk mendapat sari dari bahan tersebut. Contohnya adalah kaldu ayam, kaldu sapi, kaldu ikan dll
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kaldu

Kaldu juga diklasifikasikan la
🍲 Klasifikasi Kaldu
1. Kaldu putih/jernih ( White Stock)
Terbuat dari tulang ikan, ayam (kaki ayam), tulang sapi, dan sayuran (bawang Bombay, wortel dan seledri).
2. Kaldu coklat ( Brown Stock )
Terbuat dari tulang sapi, kambing atau binatang perburuan dan sayuran (bawang Bombay, wortel dan seledri) yang diolah melalui proses penggosongan

Bahan Penyusun Kaldu:
1. Tulang
Tulang merupakan bahan utama yang mempengaruhi rasa dan spesifikasi kaldu, tulang yang biasa digunakan untuk membuat kaldu yaitu tulang sapi, kaki ayam, tulang ikan dan kambing.
2. Mirepoix
Merupakan bahan pemberi aroma kaldu yang terdiri dari (onion/ bawang Bombay, carrot/ wortel dan celery/ sledri perbandingan (4:2:1)
3. Bouquet Garnie
Bahan pemberi aroma dan merupakan ikatan bumbu terdiri dari daun bawang, lada hitam butir, thyme, bay leave, parsly/ celery.
4. Air
Dalam pembuatan kaldu dipergunakan air yang bersih dan bebas dari bau atau rasa yang tajam, misalnya kaporit, asin dll.

Manfaat kaldu;
🍲 Merangsang alat pencernaan sehingga menimbulkan nafsu makan
🍲 Bahan dasar pembuatan sup maupun saus
🍲 Memberi aroma dan rasa tertentu dalam pengolahan masakan
🍲 Menambah nilai gizi pada masakan
http://www.dwifitri.com/2012/02/pengertian-kaldu-white-stockbrown-stock.html?m=1

Membuat kaldu sendiri ternyata  rasanya jauh lebih sedap, karena kita bisa menentukan bahan tambahan ketika merebus daging/tulang sesuai "selera kita" . Selera kita ?...yaaa... karena tiap masing2 kita pasti punya selera masing-masing, ada yang suka aroma jahe, aroma bawang dsb. Asalkan itu bahan alami dan diperbolehkan dalam sisi medis menurutku ok aja ditambahkan dalam air rebusan kaldu yang akan kita buat. Kaldu homemade pastinya bebas bahan kimia, dan pengawet.Sebagai ibu, tentu kita ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati tercinta dalam hal apapun, termasuk makanan. Untuk ibu yang tidak mau direpotkan untuk menyiapkan air kaldu tiap hari untuk memasak MPASI buah hati tercinta, membuat stok kaldu bisa jadi pilihan tepat. Bikin kaldu dalam jumlah banyak (kuranglebih stok 7-10 hari), lalu simpan di freezer, jika akan menggunakan tinggal turunkan di suhu kulkas bawah pada malam harinya, maka pagi harinya air kaldu sudah bisa digunakan. Praktis dan sehat insyaa Allah.

Tulisan berikutnya insyaa Allah akan aku share cara membuat air kaldu untuk MPASI. Cekidot yaaaa....😊😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...