Sabtu, 20 Mei 2017

Nugget Tahu

Bismillah....bulan ramadhan, bulan puasa, bulan penuh rahmat dan berkah dari Allah swt seminggu lagi menjelang πŸ’–πŸ’–πŸ’–. Sebagai ibu yang ingin memberikan makanan yang sehat dan bernutrisi, sudah siap siap stok cemilan buat menu berbuka dan santap sahur tentunya. Makanan yang sehat tanpa msg maupun pengawet sudah banyak di jual sekarang, hal ini sebagai tanda baik produsen maupun konsumen sudah mulai cerdas dan peduli akan kesehatan. But....tak ada salahnya jika kita sesekali atau bahkan sering kali menyempatkan waktu di dapur untuk menyiapkan menu yang sehat untuk keluarga kitaπŸ’–.

     

Untuk anak-anak, nugget adalah salah satu menu favoritenya, termasuk 2 jagoanku di rumah -kak  Awa dan mas Azka-. Biasanya kubikin nugget ayam, resepnya ada di link berikut...

http://klikue.blogspot.co.id/2017/03/nugget-ayam-homemade_49.html?m=1

But ... kali ini kubikin nugget dari tahu yang kukombinasikan dengan keju cheddar parut, jadi perpaduan antara protein hewani dan nabati... ni diaa resepnya...oyaa, kutambahkan bihun jugaaaπŸ˜‰πŸ˜‰

NUGGET TAHU
by Titi Klikue

Bahan
1. 15 kotak tahu
2. 100 gram wortel, parut halus
3. 100 gram keju, parut halus
4. 3 butir telur
5. 75 gram tepung tapioka
6. 6 sdm mujung tepung panir
7. 1 buah bawang bombay, cincang halus
8. 3 buah bawang putih, cincang atau haluskan
9. 2 batang daun bawang, iris halus
10. 75 gram bihun jagung, seduh lalu tiriskan
     (Bihun ini optional ajaa ya...ini karena anaku sukaaa bihun, kalo nda suka skip ajaa)
11. 1 sdm garam
12. 1 sdt merica bubuk

Bahan Untuk Membalur
1. 2 butir telur, kocok lepas 
2. Tepung panir secukupnya

Cara Membuat 
1. Siapkan loyang, lalu alasi permukaan loyang dengan plastik tebal, olesi permukaan plastik dan bagian samping loyang dengan minyak, sisihkan.
2. Siapkan mangkuk, masukkan semua bahan nugget, aduk rata dengan spatula sampai menjadi adonan yang homogen.
3. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah kita siapkan, ratakan permukaannya agar smooth. Kukus adonan selama kurang lebih 30 menit hingga benar-benar matang. Adonan yang kurang matang akan lembek dan sulit dipotong.
4. Keluarkan adonan dari dalam kukusan, biarkan hingga benar-benar dingin. *karena adonan nugget tahu ini lebih lembek daripada nugget ayam, masukan adonan yang sudah matang ke dalam kulkas semalaman agar kaku dan tidak hancur saat di potong.
5. Lepaskan adonan dari loyang, buang plastik yang melekat. Olesi pisau/cookie cutter dengan minyak goreng ketika akan memotong adonan agar tidak lengket. Potong-potong adonan sesuai bentuk yang diinginkan, bisa kotak atau menggunakan cookie cutter dengan aneka bentuk. 
6. Gulingkan potongan nugget ke dalam kocokan telur, kemudian lumuri permukaannya dengan tepung panir, tekan-tekan agar tepung panir menempel erat diseluruh permukaan nugget. Gulingkan sekali lagi nugget ke telur dan tepung panir, agar nugget lebihcrispy. 
- sampai tahap ini, Nugget Tahu siap untuk dibekukan -
7. Goreng dalam minyak panas dengan api kecil, hingga permukaan nugget menjadi coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.

Adonan tahu yang sudah matang dan di potong-potong siap dibalur dengan tepung panir
*aku lebih suka potongan yang tipis kurang lebih 1cm, lebih crispy sesuai request anak2




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...